Prosedur Surat Pindah

Cara Mengurus Surat Pindah Domisili Satu Kabupaten/Kota Dan Antarprovinsi Terbaru

3menitMau pindah KTP domisili tapi males ribet? Tenang saja, cara mengurus surat pindah domisili saat ini makin mudah dan para pemohon tak perlu lagi bolak-balik, kok. Simak ulasan lengkapnya yuk! Dulu, permohonan urusan resmi seperti pindah domisili bisa lebih melelahkan ketimbang proses pindahnya itu sendiri.Orang-orang harus pulang pergi ke tempat tujuan dan tempat asal hanya untuk mengurusi beberapa dokumen untuk syarat pindah domisili saja.Belum lagi soal birokrasi yang sudah bikin urusan pindah domisili makin repot dan membuat stres sejak pertama kali mengantre.Untungnya, kini pemerintah yang sudah berkomitmen untuk memangkas alur birokrasi telah semakin memudahkan masyarakatnya.
Hasilnya, cara mengurus surat pindah domisili pun kini makin mudah prosesnya dan hasilnya jadi jauh lebih cepat.Supaya kamu tidak kebingungan, artikel ini akan membahas dengan lengkap mengenai:
  1. Cara Mengurus Surat Pindah Domisili
    • Mempersiapkan berkas yang dibutuhkan
    • Meminta surat pengantar dari RT/RW setempat
    • Mengurus surat keterangan pindah ke kantor Disdukcapil
    • Urus surat keterangan pindah domisili di alamat tujuan
    • Mengurus surat pindah di Disdukcapil tujuan
  2. Syarat Pindah Domisili
  3. Fungsi Surat Pindah Domisili
Seperti apa prosedurnya dan apa saja syarat mengurus surat pindah domisili yang dibutuhkan? Simak ulasannya berikut ini!

Cara Mengurus Surat Pindah Domisili KTP

cara mengurus surat pindah domisili 

Sumber: riaurealita.com

1. Siapkan Berkas dengan Lengkap

Cara mengurus surat pindah domisili yang pertama tentu saja dengan melengkapi berbagai dokumen syarat yang dibutuhkan.
Jangan sampai ada syarat yang hilang atau ketinggalan karena nantinya pasti akan sangat merepotkan.Selain itu, tentunya akan membuat cara pindah domisili yang ditempuh semakin lama.Jangan lupa juga fotokopi atau buatlah beberapa lembar salinan dari syarat tersebut yang diperlukan sebagai cadangan.

2. Siapkan Kartu Keluarga atau Surat Keterangan Pindah (SKP)

Saat ini proses pindah rumah sudah semakin mudah dan sederhana.Kini, kamu tak lagi membutuhkan surat pengantar RT/RW untuk syarat kepindahan.Sebagai gantinya, kamu hanya perlu menunjukkan Kartu Keluarga (KK) jika pindah dalam satu kota/kabupaten.Namun, jika hendak pindah antarkabupaten/antarprovinsi kamu harus mengurus Surat Keterangan Pindah (SKP) di Disdukcapil.

3. Mengurus Surat Pindah ke Kantor Disdukcapil

dinas kependudukan dan pencatatan sipil 

Sumber: tribunnews.com

Setelah mendapatkan surat keterangan pindah alamat KTP dari RT/RW, kamu bisa langsung meneruskan prosesnya.Kamu perlu menuju ke kelurahan, kecamatan, hingga ke kantor disdukcapil setempat untuk menyelesaikan pengurusan pindah rumah.Di sana, kamu akan diminta untuk menyerahkan syarat-syarat dan kemudian mengisi formulir permohonan pindah yang telah disediakan.Dari Desa, kamu masih harus pergi ke kantor kecamatan untuk meminta tanda tangan pada surat pindah rumah yang dibawa dari Desa.Kemudian, kamu bisa langsung menuju Disdukcapil yang akan menerbitkan surat keterangan pindah domisili. 

4. Mengurus Surat Pindah di Alamat Tujuan

Prosedur dan cara urus surat pindah masih belum selesai sampai di sini.Selanjutnya, kamu masih perlu urus surat pindah di alamat tujuan agar rampung.Secara umum, tahapannya masih sama dengan cara mengurus surat pindah domisili dari tempat asal.Hanya saja, kali ini kamu perlu menyerahkan syarat pindah domisili tambahan berupa fotokopi KTP dan izin tetangga terdekat dari rumah atau KTP kepala rumah tangga (bila menumpang). 

5. Penerbitan KTP-el dan KK Baru

Setelah tahapan satu sampai empat tuntas, masih ada tahap terakhir ini yang perlu kamu ikuti.Kamu perlu mengisi formulir permohonan pindah datang yang harus ditandatangani olehmu dan kepala desa setempat.Kemudian, formulir akan diteruskan ke kelurahan lalu ke kecamatan dan terakhir ke Disdukcapil.Di sini kepala dinas Disdukcapil akan mengeluarkan surat keterangan pindah sekaligus KTP-el dan KK baru.

Syarat Pindah Domisili Terbaru

syarat pindah domisili 

Sumber: imogiri.bantulkab.go.id

Syarat mengurus surat pindah domisili yang dibutuhkan saat ini sudah semakin disederhanakan oleh pemerintah.Terbaru, pemerintah sudah tak lagi mengharuskan surat pengantar RT/RW sebagai syarat pindah.Hal ini pun sudah diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) 96 Tahun 2018, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) 108 Tahun 2019.“Pindah penduduk dalam satu Kabupaten/Kota, cukup menunjukkan Kartu Keluarga (KK) saja. Tidak perlu pengantar apapun. Jadi, kalau ada Kepala Dinas Dukcapil yang masih meminta pengantar dari RT/RW sampai ke Desa/Kelurahan akan saya beri sanksi tegas,” ujar Dirjen Dukcapil Prof Zudan Arif Fakhrulloh, Sabtu (8/1/2022).Tetapi, jika hendak pindah domisili antarkabupaten/kota atau antarprovinsi harus menyertakan surat keterangan pindah (SKP) dari Dinas Dukcapil asal untuk didaftarkan di daerah tujuan.Secara umum, syarat bikin surat pindah domisili memerlukan beberapa dokumen, seperti:
  • KTP asli dan salinannya;
  • KK asli dan salinannya;
  • 3 lembar foto ukuran 3×4; dan
  • Surat Keterangan Pindah (SKP).
Satu syarat pindah domisili lainnya bersifat opsional namun ada baiknya disiapkan juga yaitu beberapa buah pas foto berukuran 3 x 4 dan 4 x 6 sebagai cadangan.

Fungsi Surat Pindah Domisili

surat keterangan domisili 

Sumber: rumah123.com

Kamu pasti sudah tahu bahwa surat pindah domisili bukanlah dokumen sembarangan, kan?Surat pindah ini tidak hanya berlaku untuk data kependudukan saja, melainkan juga untuk urusan administrasi lainnya.Beberapa urusan semisal Pemilu dan urusan finansial pasti membutuhkan data domisili terbaru dan sesuai dengan tempat tinggal saat ini.Itulah kenapa pengurusan surat pindah ini akan sangat berpengaruh pada banyak hal termasuk juga data KTP serta Kartu Keluarga.Beberapa urusan penting yang membutuhkan surat pindah domisili di antaranya yaitu:
  • Pembuatan akta kelahiran;
  • Pengurusan pernikahan;
  • Proses jual beli rumah;
  • Urusan dengan perbankan; serta
  • Urusan legal lainnya.
Semoga bermanfaat.
sumber;      https://www.99.co/blog/indonesia/cara-mengurus-surat-pindah-domisili/

Profil PPID

 
Dalam rangka pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), Desa Lubuk Sabuk sebagai badan publik berupaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui transparansi informasi publik dan akuntabel untuk memenuhi hak pemohon informasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sejak tahun 2021, Pemerintah Desa Lubuk Sabuk telah menerbitkan Surat Keputusan Nomor …. tahun 2022 tentang Penunjukkan dan Pengangkatan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pemerintah Desa Lubuk Sabuk.

Tugas pelaksanaan pengelolaan dan pelayanan informasi publik di lingkungan Pemerintah Desa  Lubuk Sabuk dilakukan oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama dan PPID Pembantu di Lingkungan Pemerintah Desa  Lubuk Sabuk. PPID Desa  Lubuk Sabuk bertanggungjawab untuk melakukan penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan informasi publik di lingkungan Pemerintah Desa  Lubuk Sabuk.