Kartu KTP

Prosedur KTP

Syarat dan Prosedur Membuat e-KTP Baru

Dokumen wajib yang penting untuk dimiliki semua orang indonesia adalah KTP. KTP (Kartu Tanda Penduduk) harus Anda miliki ketika Anda sudah beranjak umur 17 tahun dan tidak peduli Anda berasal dari daerah mana, selama Anda berada di indonesia, Anda harus memiliki KTP.KTP juga berguna saat mengurus dokumen lain seperti membuat SIM dan paspor. Ketika Anda membuat dokumen tersebut Anda harus melampirkan KTP juga sebagai persyaratannya. Sebelum masuk ke cara membuat KTP, mari dlihat dahulu fungsi dari KTP. Berikut di antaranya:
  • KTP berfungsi sebagai identitas Anda sebagai penduduk indonesia.
  • KTP bisa dijadikan jaminan saat Anda meminjam uang.
  • KTP dapat digunakan sebagai alat identifikasi Anda saat mengalami kecelakaan atau musibah lain.
  • KTP digunakan sebagai syarat Anda mengikuti pemilu.
  • KTP adalah syarat wajib pengajuan KPR.
  • KTP juga berguna sebagai syarat pengajuan kartu kredit dan pembukaan rekening di bank.
  • Dengan menggunakan KTP ini berarti Anda sudah membantu pemerintah berpartisipasi untuk melakukan pembangunan nasional. Karena dengan KTP, Anda jadi wajib membayar pajak.
  • Tanpa KTP Anda akan mendapatkan hukuman administratif dengan tidak mendapatkan layanan gratis yang diberikan pemerintah misalnya seperti layanan kesehatan yang di selenggarakan oleh BPJS.
  • KTP merupakan syarat wajib yang harus disertakan saat Anda ingin menikah.
Masih banyak fungsi KTP yang mungkin tidak tertera di atas, Nah setelah mengetahui alasan penting kenapa Anda membuatnya, berikut adalah cara membuat e-KTP baru.

Syarat Pembuatan e-KTP

syarat dan prosedur pembuatan KTP
syarat dan prosedur pembuatan KTP
Syarat penerbitan KTP lama atau e-KTP baru
  • Telah berusia 17 tahun.
  • Surat Pengantar RT/RW.
  • Fotokopi KK.
  • Fotokopi Akta Kelahiran
  • Surat Keterangan Pindah yang diterbitkan oleh pemerintah Kabupaten/Kota dari daerah asal.
  • Surat Keterangan Datang dari Luar Negeri yang diterbitkan oleh Instansi Pelaksana bagi WNI yang datang dari Luar Negeri karena pindah.
  • Datang langsung untuk di foto (E-KTP) atau melampirkan pas foto terbaru ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar (KTP Lama)
Syarat perpanjang KTP :
  • KTP yang telah habis masa berlakunya
  • Surat pengantar RT/ RW
  • Fotokopi KK
  • Formulir permohonan perpanjang KTP

Apa saja data yang wajib diisi?

  • Nama
  • Tempat/Tgl Lahir
  • Jenis Kelamin
  • Alamat
  • Agama
  • Status Pekerjaan
  • Kewarganegaraan
  • Berlaku Hingga
  • Foto
  • Tanda Tangan
  • NIK
Bagaimana prosedur yang akan Anda lakukan saat membuat KTP? mari kita bahas beberapa langkah yang perlu Anda ketahui.

Prosedur Pembuatan dan Perpanjang e-KTP

  • Datanglah ke kecamatan dan kelurahan pada pagi hari: untuk menghindari antrian saat membuat atau memperpanjang KTP, Anda dapat datang lebih pagi ke kelurahan. Lalu berikan berkas dokumen ke petugas di loket dan Anda akan mendapatkan nomor antrian.
  • Pengambilan data : Setelah nomor antrian dipanggil maka inilah saatnya pengambilan data Anda. Awalnya Anda akan difoto, pengambilan tanda tangan digital, perekam data sidik jari, dan scan retina mata.
  • Proses pelengkapan data akan berlangsung selama 15 menit dan proses pembuatan akan berlangsung paling lama 14 hari atau 2 minggu setelah Anda mengikuti semua persyaratan di atas.
sumber; Syarat dan Prosedur Membuat e-KTP Baru – Sepulsa

Profil PPID

 
Dalam rangka pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), Desa Lubuk Sabuk sebagai badan publik berupaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui transparansi informasi publik dan akuntabel untuk memenuhi hak pemohon informasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sejak tahun 2021, Pemerintah Desa Lubuk Sabuk telah menerbitkan Surat Keputusan Nomor …. tahun 2022 tentang Penunjukkan dan Pengangkatan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pemerintah Desa Lubuk Sabuk.

Tugas pelaksanaan pengelolaan dan pelayanan informasi publik di lingkungan Pemerintah Desa  Lubuk Sabuk dilakukan oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama dan PPID Pembantu di Lingkungan Pemerintah Desa  Lubuk Sabuk. PPID Desa  Lubuk Sabuk bertanggungjawab untuk melakukan penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan informasi publik di lingkungan Pemerintah Desa  Lubuk Sabuk.