Prosedur Akta Nikah

Prosedur Pembuatan Akta Nikah di Catatan Sipil Semua Agama

Prosedur Pembuatan Akta Nikah di Catatan Sipil Semua Agama – Setelah acara pernikahan secara agama telah sah, kini biar pernikahan kamu juga dianggap sah oleh negara, kamu harus mengurus akta nikah di catatan sipil. Untuk melakukan pendaftaran dan pengesahan pernikahan di catatan sipil, ada sejumlah syarat nikah di catatan sipil yang harus kamu penuhi.Oh ya, perlu kamu tahu, daftar nikah di catatan sipil ini berlaku untuk mereka yang beragama non-muslim sebagaimana ketentuan yang ada di Peraturan Pemerintah Pelaksana Undang-Undang Perkawinan. Daftar nikah di catatan sipil bisa dipilih saat melangsungkan pernikahan atau bisa juga setelah melangsungkan pernikahan.

Syarat Buat Akta Nikah di Catatan Sipil

Kalau ingin mendaftarkan perkawinan setelah pernikahan, ada sejumlah syarat nikah di catatan sipil dan berkas yang harus kamu penuhi. Beberapa ketentuan tersebut adalah:

1. Berkas Yang diperlukan

berkas nikah di catatan sipilTiap-tiap dinas kependudukan dan cacatan sipil biasanya memiliki ketentuan berkas yang hampir sama. Paling hanya asa satu atau dua berkas saja yang berbeda. Nah, secara umum berkas akta nikah yang dibutuhkan adalah:
  • Surat pemberkatan dari tempat menikah (Gereja, Vihara atau Pura). Siapkan asli dan copy-anya. Juga jangan lupa bukti Legalisir bila kamu mendaftarkan penikahan kamu lebih dari 60 hari.
  • Fotokopi KTP dua orang saksi (bukan orang tua mempelai).
  • Fotokopi KTP orang tua kedua mempelai.
  • Fotokopi KTP dan KK kedua mempelai
  • Fotokopi Akta Kelahiran kedua mempelai
  • Surat pernyataan belum pernah menikah ditanda tangani dengan materai Rp.6000 dan dengan 2 orang saksi lengkap dengan Stempel RT/RW Setempat.
  • Surat keterangan dari Kelurahan untuk kedua mempelai
  • Fotokopi surat baptis untuk yang beragama Kristiani
  • Pas foto berdampingan 5 lembar ukuran 4 x 6 berwarna sebanyak 5 lembar

2. Prosedur Pengurusan

Seperti yang sudah saya jelaskan, pertama-tama silakan kamu siapkan semua berkas yang diperlukan. Setelah semua berkas siap, silakan kamu datangi dinas kependudukan dan catatan sipil. Langsung daftarkan keinginan kamu untuk mengurus catatan sipil pernikahan pada petugas.Setelah itu petugas akan memeriksa dokumen kamu. jika sudah lengkap, petugas akan memberi tahu kapan hari sidang pernikahan kamu di catatan sipil, atau biasa disebut ketuk palu.Saat sidang perlu dihadiri hakim, kedua mempelai dan dua orang saksi dari mempelai. Beres.

3. Batas Waktu pendaftaran

Sebenarnya tidak ada batasan kapan kamu harus mendaftarkan pernikahan, tetapi semakin cepat semakin baik. Sebab dengan begitu pernikahan kamu segera diakui oleh negara lewat terbitnya akta nikah.Baca Juga: Tata Cara dan Langkah-Langkah Mengurus Pendaftaran Nikah di KUAJuga negara memberikan toleransi pendaftara hingga 60 hari setelah pernikahan. Jika terlambat, kamu akan dikenakan denda sekaligus juga harus bukti legalisir dari tempat kamu nikah. Jadi lebih baik tidak terlambat.

4. Biaya Yang Dibutuhkan

Biaya daftar nikah di catatan sipil secara resmi adalah 200 ribu. Tetapi sangat tidak menutup kemungkinan biayanya akan bertambah. Ini juga tergantung di dinas kependudukan dan catatan sipil mana kamu mengurusnya. Jadi lebih baik, siapkan dana lebih untuk mengurus akta nikah di catatan sipil.sumber; Prosedur Pembuatan Akta Nikah di Catatan Sipil Semua Agama – MauMenikah.comMauMenikah.com

Profil PPID

 
Dalam rangka pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), Desa Lubuk Sabuk sebagai badan publik berupaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui transparansi informasi publik dan akuntabel untuk memenuhi hak pemohon informasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sejak tahun 2021, Pemerintah Desa Lubuk Sabuk telah menerbitkan Surat Keputusan Nomor …. tahun 2022 tentang Penunjukkan dan Pengangkatan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pemerintah Desa Lubuk Sabuk.

Tugas pelaksanaan pengelolaan dan pelayanan informasi publik di lingkungan Pemerintah Desa  Lubuk Sabuk dilakukan oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama dan PPID Pembantu di Lingkungan Pemerintah Desa  Lubuk Sabuk. PPID Desa  Lubuk Sabuk bertanggungjawab untuk melakukan penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan informasi publik di lingkungan Pemerintah Desa  Lubuk Sabuk.